identifikasi pernagkat keras

1. Identifikasi Hardware
    Secara umum computer terdiri atas (11) komponen Hardware
>      Prosesor
>      Mainboard/Motherboard
>      Hardisk
>      VGA
>      Memory
>      CD/DVDROM/RW
>      Chassing
      + Chassing AT
      +Chassing ATX
>      Monitor
>      Sepeaker
>      Sound Card
>      Keyboard and Mouse
I . *PROSESOR *
            Orang-orang sering salah kaprah dalam menyebut arti dari CPU,kebanyakan menyangka CPU adalah Box Chassing. Padahal CPU itu adalah Central Procecing Unit/Prosesor itu sendiri  ganbaran dari prosesor adalah vagaikan otak manusia.Semua perintah-perintahdan proses-proses dalam computer di handle oleh prosesor ini.Banyak jenis dan merk dari prosesor INTEL,AMD,EIPELL GV,Dll.
II . *MAINBOARD/MATHERBOARD*
Mainboard/Motherboard ADALAH, Boot utama di dalam Chassing CPU Box berpungsi untuk mengoranisasikan semua resource Hardware computer agar terjalin sempurna,dan mampu bekerja dengan baik. Semua perangkat keras computer bisa di pastikan akan terhubung ke mainboard.
Bagian-bagian dari motherboard
à    ChipsetàAda dua jenis yaitu:
a.       Nort  Bridge
b.      South Bridge
# Nort Bridge : adalah Chipset yang mengontrol /Proses yang berkecepatan tinggi. Termasuk yang di control oleh Chip ini adalah ,Prosesor,VGA,dan Memory. Chipset ini biasanya di letakan di dekat socket Prosesor,kadang juga di lengkapi dengqan Head Sink(pendingin seperti kipas angin) karna biasanya Chipset ini mudah panas,karena yang di tangani adalah proses-proses berkecepatan tinggi.  `
# South bridge: adalah kebalikan dari Nort bridge chip ini mengontrol keepatan yang berkecepatan rendah. Trrmasuk yang di control chip ini adalh port .IDE,SATA(Hardisk),PCI,dan port-port lainya.Misalnya serial port danpararel port.Chipset ini biasanya di posisi agak bawahdalam papan boot.Biasanya tidak di sertai head sink dan biasanya tertulis merk chipset di atasnya misalnya: VIA,INTEL,AMD,NVIDIA.Agar berfungsi dengan baik makaketika dalam lingkungan system operasi drive dari chipset iniharus terinstall terlebih dahulu.
1 . ZIP Socket
* Adalah kotak tempat prosesor di install dan kemudian di pasangi dengan head sink di atasnya.
2. MEMORY Slot
* Berfungsi untuk pemasangan memory modul,Slot masing-masing memory berbeda,SD RAM tidak dapat di pasangi EDO RAM,dan yang lain pun juga sama.Masing-masing jenis Memory modulmempunyai bentuk slotnya sendiri-sendiri.
>     . PCI SLOT
*Slot Expantion, berfungsi untuk proses penambahan Hardwaredalam computer. Dalam computer laptop PCi ini di samakan fungsinya dengan PCMCIA(PC CARD)) biasanya Slot PCI  ini di pasangi Hardware:Sound Card,LAn Card,VGA Card,WIFI,MODEm,dll.
4 . AGP Slot
*Slot untuk pemasangan VGA berfungsi untuk menghubungkan VGa dengan monitor ,agar Disk play di tampilkan dengan baik.Pada mode mainboardterbaru,AGP ini telah di gantikan dengan Slot PCI terbaru yaitu EXPRESSkenapa di gantikan? Penggantian ini di lakukan karena, pada slot AGP,kebutuhan akan listriknya terlalu berlebihan sehingga tidak hemat power.
5 . PCI EXPRESS
*PCI yang berfungsi untuk menggantikan slot AGP yang telah di jelaskan di atas. Berbeda dengan PCI,slot ini khusus hanya untuk VGA saja,Port ini mendukung kemampuan untuk Grafiks yaitu menghubungkan kemampuan 2 (dua) VGA Card (yang identik sekali gus),sehingga kemampuan grafisnya meningkat 2x ilpat.
6 . IDE PORT
*Port ini mengubungkan 2 perangkat yang berinterface IDE ke dalam computer antara lain Hardisk,CD,DVD ROM atau RW IDE. Kabel yang terhubung pada port ini adalahjenis kabel IDE.
7 . SATA PORT
*Port ini hamper sama dengan port IDE ,port ini untuk menghubungkan perangkat yang interface SATA ke dalam computer antara lain :
à Hardisk SATA,CD SATA,DVD SATA,DVD  ROM  SATA,dan RW SATA. Jenis kabel yang terhubung kpada port ini adalh jenis SATA.
III. HARDISK
            Ialah media penyimpanan dalam computer(Storage device)semua file-file yang kita buat dan kita olah akan di simpan  dalam Hardisk. Semua aflikasi yang kita pasang akan di simpan juga dalam Hardisk.
Catatan: Sebelum Hardisk di simpan harus di pormat terlebih dahulu agar tercipta rongga-rongga yang akan di tempati.
IV. vga card
            Adalah kependekan dari (Virtual Grafik Acelerator) Hardware inilah yang menghandle tampilan disk play dalam computer tanpa adanya Hardware ini ,maka monitor tidak akan menampilkan gambar. Ada 2 jenis dari VGA yaitu:
àEksternal(card/off  board)dan
àInternal (on board/card).
Jenis slot VGA pada Matherboard adalah :
      >        PCI Slot,
      >        PCI Express,
      >        dan lain-lain.
V.CD/DVD ROM/RW
            Hardware ini adalah teermasuk jenis optikal devices jenis yang lama termasuk  model ROM (read only memory) berarti menulis danmembaca.Namun sekarang sudah ada yang mampu untuk write dat,yaitu yang support RW(Read-Write)berarti menulis file pada device ini menggunakan sinar laser yang di tembakan pada permukaan disc/disket.
VI. CHASSING
            Chassing adalah Box untukmenampilkan hardware 2 di dalamnya sehingga tampak rapi dari luar bias anya chasing ini sudah di sertai power suplyy di dalamnya. Pemilihan chasing dapat merusak computer secar keseluruhan ,oleh karena itu harus cermat ketika membeli sebuah chasing.
VII. Model Chassing
      1.      AT dan ATX dan ada 2 bentuk fisik chasing yaitu:
         >        Dekstop (posisi tidur)dan
         >        Tower(posisi berdiri
Chassing terdapat power suplyy yang fungsinya adalah untuk sumber pembagi listrik  pada computer.
Ada berbagai  model kabel dan berbagai macam:
      >        Warna kuning = 12 Volt
      >        Warna merah = 5 Volt
      >        Warna hitam  =0 Volt tiada arus (Ground)
      >        Warna putih – 5 Volt
      >        Warna biru  - 12 Volt
VIII. MEMORY
            Memory RAM di sebut juga memory utama,fungsi dari Hardware ini adalah untuk mempercepat proses kerja dalam computer. Semakin besar memory ,maka semakin cepat juga proses kerjanya. Jenis memory utama :
    1. ROM(Read only Memory) yaitu : memory yang hanya isa di baca data/programnya saja. Pada pc ROM terdapat pada BIOS (Basic Input Output System). Yang terdapat pada motherboard yang berfungsi untuk mensetting veriferal yang ada pda system. Contoh :
      >        AM
      >        BIOS
      >        AWARD BIOS
      >        dll.
     2. RAM (Random Acses Memory) yaitu :yang memiliki kemampuan untuk di rubah datanya yang tersimpan di dalamnya atau RAM adalh ruang untuk mengolah data dan instruksi yang di tulis atau di baca oleh prosesor dan bersifat sementara atau di sebut juga penyimpanan sementara. Slot memory pada matherboad  ada 30 nbit /30 kaki/colokan.
     3. EDO RAM (Extended data Output )EDO RAM memiliki fungsi sama dengan RAM akan tetapi jenis ini memiliki kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data.Bentuk EDO RAM adalah SIMM =(single inline memory modul) Slot memory pad motherboard 72 bit/kaki/colokan.

4. SD RAM (Syncronous Dinamic RAM) adalah memory yang dapat mengakses lebih cepat dari EDO RAM . Slot memory pada motherboard adalah168 bit/kaki/colokan.

5.  DDr SD RAM(Double Data Rate Syncronous Data RAM) DDR Data RAM adalah generasi penerus D RAM yang memiliki kemampuan  2x dari D RAM ,Slot Memory pada motherboard adalah 184 bit/kaki/colokan.
     6. RD RAM(RAMdus Dynamic RAM) RD RAM adalah sebuah Memory berkecepatan tinggi .Type RD RAM mirip dengan SD RAM ,RAM DDR I,DDR II,dan DDR III.
 
 
sumner http://freegenk.blogspot.com